CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN SESUAI KKNI TAHUN AKADEMIK 2021/2022
ASPEK SIKAP
| |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious. |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, sertapendapat atau temuan orisinal orang lain. |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahan. |
S11 | Bertanggung jawab terhadap kompetensi dan etika profesional, hak pasien serta keamanan dan kenyamanan pasien. |
S12 | Bertanggung jawab terhadap kualitas proses setiap tahapan pemeriksaan laboratorium medis, untuk menjamin validitas hasil pemeriksaan. |
S13 | Mampu bekerjasama dengan tim, menyusun dan melaporkan hasil pemeriksaan yang valid kepada pihak yang berwenang dan mampu mendokumentasikan serta menjaga kerahasiaan informasi sesuai kode etik profesi. |
S14 | Bertanggungjawab pada hasil pengumpulan dan pengolahan data secara deskriptif pada penelitian dasar dan terapan di bidang kesehatan khususnya laboratorium medis. |
ASPEK KETERAMPILAN UMUM
| |
KU1 | Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan. |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur. |
KU3 | Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
KU4 | Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. |
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya. |
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya. |
KU7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. |
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. |
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
KU10 | Mampu mengembangkan diri dan bersaing di tingkat nasional maupun internasional |
KU11 | Mampu mengimplementasikan prinsip keberlanjutan (sustainability ) dalam mengembangkan pengetahuan |
KU12 | Mampu mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks pelaksanaan pekerjaannya |
KU13 | Mampu menerapkan kewirausahaan dan memahami kewirausahaan berbasis teknologi.
|
ASPEK KETERAMPILAN KHUSUS
| |
(KK1) | Mampu menyusun perencanaan, melakukan persiapan, melaksanakan, pengambilan spesimen darah, cairan tubuh dan jaringan dari pasien (tahap pra analitik) dengan hasil yang representatif sesuai prosedur standar internasional dan prosedur bidang pelayanan laboratorium medis. |
(KK2) | Mampu melakukan dan mengelola pemeriksaan laboratorium medik mulai tahap pra analitik, analitik sampai pasca analitik di bidang kimia klinik, hematologi, imunoserologi, imunohematologi, bakteriologi, virologi, mikologi, parasitologi, sitohistoteknologi dan toksikologi klinik dari sampel darah, cairan dan jaringan tubuh manusia menggunakan instrumen sederhana dan otomatis secara terampil sesuai standar pemeriksaan untuk menghasilkan informasi diagnostik yang tepat |
(KK3)
| Mampu melakukan dan menganalisis tindakan pencegahan terjadinya kesalahan pada pemeriksaan kimia klinik, hematologi, imunoserologi, imunohematologi, bakteriologi, virologi, mikologi, parasitologi, sitohistoteknologi dan toksikologi klinik meliputi tahap pra analitik, analitik, dan pasca analitik melalui konfirmasi kesesuaian proses dengan standar untuk mencapai hasil pemeriksaan yang berkualitas |
(KK4) | Mampu menyampaikan dan mengelola informasi pelayanan laboratorium medik melalui komunikasi secara efektif baik interpersonal maupun profesional kepada pasien, teman sejawat, klinisi dan masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara optimal |
(KK5) | Mampu membuat dan menyajikan laporan hasil analisis pemeriksaan laboratoris yang tervalidasi untuk keperluan diagnosis klinis dokter dan pihak yang berwenang. |
(KK6) | Mampu melakukan kajian masalah yang kompleks dalam ruang lingkup Teknologi Laboratorium Medis dengan metode baku yang sesuai bidang kajian dan disusun dalam bentuk skripsi/tugas akhir/karya ilmiah
|
(KK7) | mampu mengelola kewirausahaan di bidang laboratorium kesehatan, termasuk pemeriksaan bidang biologi molekuler.
|
(KK8) | Menerapkan analisis laboratorium berbasis teknologi biomolekuler PCR dan non PCR pada berbagai fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah maupun swasta bertaraf nasional maupun internasional dalam menunjang diagnosis penyakit infeksi (Penyakit Menular) maupun non infeksi (Penyakit Tidak Menular)
|
(KK9) | Menerapkan software untuk mendesign primer yang dapat digunakan dalam mengamplifikasi DNA Target dengan PCR terhadap penyakit infeksi maupun non infeksi . |
(KK10) | Menerapkan tata kelola laboratorium medis berbasis sistem mutu laboratorium baik nasional maupun internasional
|
|
|
ASPEK PENGETAHUAN
| |
(P1) | Mengusai konsep teoritis tentang anatomi tubuh manusia, sistem sirkulasi dan hemostasis, Teknik pengambilan darah kapiler, vena dan arteri, komplikasi flebotomi, penanganan pasien akibat tindakan flebotomi, sistem dokumentasi dan penanganan spesimen, quality assurance, komunikasidan patient safety |
(P2) | Menguasai teori yang terkait dengan pemeriksaan laboratorium medik mulai tahap pra analitik, analitik sampai pasca analitik di bidang kimia klinik, hematologi, imunoserologi, imunohematologi, bakteriologi, virologi, mikologi, parasitologi, sitohistoteknologi dan toksikologi klinik dari sampel darah, cairan dan jaringan tubuh manusia menggunakan instrumen sederhana dan otomatis secara terampil sesuai standar pemeriksaan untuk menghasilkan informasi diagnostik yang tepat
|
(P3) | Menguasai konsep pengendalian mutu laboratorium medik secara internal, aspek- aspek penting proses pemeriksaan, serta mengidentifikasi terjadinya kesalahan proses pemeriksaan |
(P4) | Mampu menguasai konsep komunikasi dan promosi kesehatan berbasis individu dan masyarakat berdasarkan nilai-nilai budaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara optimal |
(P5) | Menguasai prinsip etika profesi TLM dan hukum kesehatan, hematologi, kimia klinik, bakteriologi klinik, parasitologi klinik, toksikologi klinis, virologi klinik, mikologi klinis, sitohistoteknologi, imunologi, imunohematologi, biologi sel dan molekuler, biokimia, jaminan mutu laboratorium, K3 laboratorium medik. |
(P6) | Menguasai teknik dan pengetahuan konseptual tentang Sistem Informasi Laboratorium, Sistem Manajemen Mutu, Komunikasi, Kewirausahaan, Bahan pemeriksaan dan Reagensia, Instrumen Laboratorium Medis. |
(P7) | Mampu menguasai konsep analisis berbasis teknologi biomolekuler PCR dan non PCR pada berbagai fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah maupun swasta bertaraf nasional maupun internasional dalam menunjang diagnosis penyakit infeksi (Penyakit Menular) maupun non infeksi (Penyakit Tidak Menular). |
(P8) | Mampu menguasai konsep perancangan primer yang dapat digunakan dalam mengamplifikasi DNA Target dengan PCR terhadap penyakit infeksi maupun non infeksi . |
(P9) | Mampu menguasai konsep tata kelola laboratorium medis berbasis sistem mutu laboratorium baik nasional maupun internasional |